TIPE ATAU BENTUK ORGANISASI

  • DEFINISI DARI BEBERAPA AHLI

  1. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  2. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  4. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  5. Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
  6. Malayu S.P Hasibuan mengatakanorganisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.
  7. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakanorganisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

 

  • HAL HAL PENTING YANG HARUS DIPENUHI UNTUK MEMBENTUK ORGANISASI

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu organisasi demi kelancaran jalannya sebuah organisasi tersebut :

  1. Dalam sebuah organisasi harus memiliki pimpinan dan bawahan
  2. Perlu adanya kerja sama dan koordinasi yang baik antara setiap elemen yang ada dalam organisasi tersebut
  3. Memiliki Visi dan Misi yang menjadi tujuan dari organisasi
  4. Adanya pembagian tugas dengan baik pada para anggotanya
  5. Memahami mekanisme proses pelaporan dari anggota paling bawah sampai kepada pimpinan yang paling atas. Dengan kata lain, anggota paling bawah tidak diperkenankan memberikan laporan langsung kepada peminpin organsiasi paling atas tetapi wajib melalui kepala bagian (coordinator) masing-masing bidang.

 

  • CIRI – CIRI ORGANISASI YANG SEHAT TEPAT DAN SEMPURNA

Menurut Sondang P. Siagian organisasi yang baik adalah suatu organisasi yang memiliki ciri-ciri (sifat-sifat) sebagai berikut :

  1. Terdapat tujuan yang jelas;
  2. Tujuan organisasi harus dipahami oleh setiap orang di dalam organisasi;
  3. Tujuan organisasi harus diterima oleh setiap orang dalam organisasi;
  4. Adanya kesatuan arah(unity of direction);
  5. Adanya kesatuan perintah(unity of command);
  6. Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawabseseorang;
  7. Adanya pembagian tugaS(distribution of work);
  8. Struktur organisasi harus disusun sesederhana mungkin;
  9. Pola dasar organisasi harus relatif permanen;
  10. Adanya jaminan jabatan(security of tenure);

 

  • PENGERTIAN SPOILER SYSTEM, PATRONAGE SYSTEM, NEPOTISME SYSTEM

  1. Spoiler System

Spoiler system yakni mutasi yang didasarkan berdasarkan landasan kekeluargaan, mutasi ini kurang baik karena atas pertimbangan suka atau tidak suka.

  1. Sistem Kawan (Patronage System)

Sistem ini berkenaan dengan pengangkatan seorang pegawai untuk memangku suatu jabatan berdasarkan adanya hubungan pribadi / subyektif antara yang mengangkat dengan yang diangkat.

  1. Nepotisme System

Nepotisme System Yakni system yang lebih mementingkan saudara atau teman akrab berdasarkan hubungan bukan berdasarkan kemampuannya.

 

  • PENGERTIAN RENTANG KENDALI

Rentang Kendali adalah jumlah bawahan langsung yang dapat dipimpin dan dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Rentang Kendali (span of control) sangat perlu dalam pengorganisasian, karena berhubungan dengan pembagian kerja, koordinasi, dan kepemimpinan seorang pemimpin (manajer).

Rentang Kendali diperlukan dalam suatu organisasi karena adanya “limits factor(keterbatasan)” manusia, yaitu keterbatasan waktu, pengetahuan, kemampuan, dan perhatian.

 

  • STRUKTUR DAN SKEMA ORGANISASI

    – Struktur Organisasi

Struktur Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu perusahaan ,sedangkan disetiap komponen dari organisasi tersebut adalah saling tergantung,yang apabila setiap bagian dapat dikeloladengan baik maka organisasi tersebutpun akan ikut membaik.sedangkan

Pengorganisasian (Organizing) adalah proses pengaturan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan memperhatikan lingkungan yang ada.hal ini akan sangat mempengaruhi dalam kelancaran atau kesejahteraan organisasi tersebut,lingkunan adalah faktor yang sangat mempengaruhi.tentu dalam tujuan sebuah organisasi yang baik tidak akan mengorbankan lingkungan sekitar demi kepentingan organisasinya semata.

Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :

  1. Bentuk Vertikal
  2. Bentuk Mendatar / horizontal
  3. Bentuk Lingkaran / circular
  4. Bentuk Setengah lingkaran / semi Sircular
  5. Bentuk Elliptical
  6. Bentuk Piramida terbalik (Invented Piramid)

– Skema Organisasi

Macam-macam Skema Organisasi

  1. Berdasarkan teknik atau cara membuatnya :
  • Skema organisasi Tegak Lurus dari atas kebawah
  • Skema organisasi Mendatar dari kiri kekanan
  • Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
  • Skema organisasi Lingkaran
  • Skema organisasi Gambar
  1. Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya :
  • Skema Organisasi Fungsional
  • Skema Organisasi Jabatan
  • Skema Organisasi Nama
  • Skema Organisasi Struktur

 

  • Definisi manfaat dan Syarat

Pemanfaatan merupakan turunan kata dari kata ’Manfaat’, yakni suatu penghadapan yang semata-mata menunjukan kegiatan menerima. Penghadapan tersebut pada umumnya mengarah pada perolehan atau pemakaian yang hal-hal yang berguna baik di pergunakan secara langsung maupun tidak langsung agar dapat bermanfaat.

Syarat ialah suatu yang harus dipenuhi sebelum mengerjakan sesuatu pekerjaan. Supaya pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dengan baik dan benar.

SUMBER :

http://megasuryonop.blogspot.co.id/2012/04/ciri-ciri-organisasi-yang-sehat.html

https://ryanzzeka.wordpress.com/2014/11/20/hal-hal-penting-yang-dibutuhkan-untuk-membentuk-suatu-organisasi/

https://wayannirwansetiabudi.wordpress.com/2013/10/22/struktur-dan-skema-organisasi/

Tinggalkan komentar